EMPAT (4) HAK DASAR ANAK INDONESIA : Hak Hidup Lebih Layak - Hak Tumbuh dan Berkembang - Hak Perlindungan - Hak Berpartisipasi

Pelatihan Pendidikan Politik Untuk Masyarakat Gampong

Kategori : Bidang KHPK Senin, 11 September 2017 - Oleh admin

Aceh Jaya – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Aceh mengadakan pelatihan pendidikan politik masyarakat gampong khusus perempuan di Kabupaten Aceh Jaya, Selasa (03/03/17).

Ketua panitia Ibu dalam sambutannya mengatakan, pendidikan politik masyarakat ini ikuti perempuan yang sudah berusia 18 tahun keatas ini sangat penting dan strategis.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan pendidikan politik ini, peran dan partisipasi perempuan di dunia politik di gampong atau di kecamatan akan meningkat” harapnya.Dia juga menambahkan “Pendidikan politik untuk masyarakat gampong ini juga merupakan kebutuhan dan sekaligus menjawab berbagai persoalan yang dihadapi oleh perempuan”. Pungkas dalam kalimat pembukaan oleh panitia pelaksana kegiatan tersebut.

“Sesuai yang diamanatkan dalam peraturan perundangan, pemerintah wajib memberikan fasilitasi untuk meningkatkan kapasitas perempuan dibidang politik, agar mereka siap menghadapi kontestasi politik yang sehat dan dinamis pada setiap pesta demokrasi lima tahunan” jelasnya.

Kepala DP3A Aceh, Ibu Nevi Ariani, SE dalam kata sambutannya mengatakan pendidikan politik bagi perempuan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan indeks pemberdayaan gender.

“Dalam kaitannya dengan pemberdayaan perempuan bidang politik, maka kita perlu meningkatkan kapasitas dan memperluas cakupan pendidikan politik bagi perempuan potensial di Aceh terutama bagi perempuan gampong khususnya” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ibu Nevi menambahkan, pendidikan politik yang dilaksanakan ini disebabkan hasil pemilu tahun 2014 menunjukkan bahwa perolehan suara perempuan untuk duduk di parlemen menurun dibanding hasil pemilu 2009.

“Sebagai gambaran untuk tahun 2009 perolehan suara 18% dan ditahun 2014 menurun menjadi 17%. Sedang untuk Aceh dari 721 jumlah anggota DPRK/A, perempuan hanya 73 orang atau 10,12%” Ungkapnya.