EMPAT (4) HAK DASAR ANAK INDONESIA : Hak Hidup Lebih Layak - Hak Tumbuh dan Berkembang - Hak Perlindungan - Hak Berpartisipasi

Pendampingan PUG dan PPRG untuk SKPK Kabupaten Bireuen

Kategori : Bidang KHPK Senin, 11 September 2017 - Oleh admin

Bireun - Dalam rangka percepetan terwujudnya kesatuan dan keadilan gender, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Aceh mengadakan Pendampingan Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Program Penganggaran Responsif Gender (PPRG) untuk SKPK Kabupaten Bireuen, Rabu (22/03/17).

Acara yang berlangsung di Aula Bappeda Kabupaten Bireuen ini diikuti oleh 22 (dua puluh dua) peserta dari perwakilan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kabupaten Bireun yang dimulai dari tanggal 22 sampai 23 Maret 2017.

Ketua Panitia Dalam kata sambutannya mengatakan bahwa berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan PPRG pada SKPA, ada 4 Drivers Penggerak terlaksananya PUG dan PPRG.

“Dalam Pergub tersebut ada 4 Drivers Penggerak PUG dan PPRG yaitu Bappeda, DP3A, Dinas Keuangan dan Inspektorat, dimana diharapkan melalui 4 Drivers ini PUG dan PPRG bisa di kembangkan dan diterapkan di Provinsi Aceh” jelasnya.
Selain itu, ketua panitai menambahkan kegiatan ini terlaksana atas kerjasama DP3A Aceh dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMPKB) Kabupaten Bireuen.

“Acara ini terselenggara berkat kerja sama DP3A dengan DPMPKB Bireun, sedangkan biaya seluruhnya di tanggun oleh DP3A” terangnya.
Disamping itu Kepala DP3A Aceh, Ibu Nevi Ariani, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan yang berlangsung dua hari ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bagi para drivers dan beberapa SKPA dan SKPD percontohan.

“Tujuan acara ini ialah untuk meningkatkan kapasitas bagi para drivers dan beberapa SKPA/SKPD percontohan/pilot project, sehingga memiliki kesaman persepsi para penentu kebijakan dalam Kerangka Acuan kerja di mulai dari penyusunan perencanaan dan penganggaran responsif gender, memberikan arah dan batasan tentang ruang lingkup perencanaan, pengganggaran, program dan kegiatan”

Selain itu, Bupati Bireun H Ruslan M Daud yang hadir pada acara tersebut juga memberikan kata sambutan sekaligus untuk membuka acara Pendampingan PUG dan PPRG untuk SKPD Bireun.

“Upaya untuk mewujudkan pembangunan yang berkeadilan dan berkesetaraan gender telah dilakukan sejak lama. Banyak upaya yang telah dilakukan baik oleh pemerintah, pemerintah daerah, pihak swasta, organisasi masyarakat maupun kalangan akdemis” ucap Bupati Bireun.

Pada akhirnya sambutannya, H Ruslan M Daud membuka acara Pendampingan PUG dan PPRG untuk SKPD Bireun dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim.

“Acara Pendampingan PUG dan PPRG untuk SKPK Kabupaten Bireuen saya nyatakan dibuka dengan resmi” tutupnya.