EMPAT (4) HAK DASAR ANAK INDONESIA : Hak Hidup Lebih Layak - Hak Tumbuh dan Berkembang - Hak Perlindungan - Hak Berpartisipasi

DPPPA Berharap PUG dan PPRG Bisa di Kembangkan dan Diterapkan di Provinsi Aceh

Kategori : Bidang KHPK Senin, 11 September 2017 - Oleh admin

Pidie Jaya - Pelatihan Pengarusutamaan Gender (PUG) dan dan Program Penganggaran Responsif Gender (PPRG) untuk Komunitas dalam Pembangunan yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Aceh yang bertempat di Kabupaten Pidie Jaya, Rabu (26/04/17) diharapkan mampu diterapkan di Provinsi Aceh.

Ketua panitia pelaksana dalam sambutannya mengatakan, acara yang berlangsung 26 sampai 27 April ini diikuti oleh 32 (tiga puluh dua) orang peserta dari berbagai Satuan Kerja Pemerintah Kabupaten (SKPK) yang ada di Kabupaten Pidie Jaya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran di SKPK tentang PUG dan PPRG.

“Tujuan dari pelatihan ini untk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran di SKPK tentang PUG dan meningkatkan kesiapan perencanaan di SKPK tentang PPRG” kata ketua Panitia.

Ketua pnitia menambahkan acara yang berlangsung di Aula PNPM Beurawang Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya ini terlaksana atas kerjasama antara DP3A Aceh dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kabupaten Pidie Jaya.
“Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama DP3A Aceh dengan DSP3A Kabupaten Pidie Jaya, sedangkan biaya seluruhnya di tanggung oleh DP3A Aceh melalui Program Peguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender dan Anak, Kegiatan Advokasi PUG bagi Perempuan” terangnya.

Selain itu Kepala DSP3A Kabupaten Pidie Jaya dalam sambutannya mengatakan penyusunan PPRG bukanlah tujuan akhir, melainkan merupakan sebuah kerangka kerja untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan dalam akses, proses, control dan penerimaan manfaat pembangunan.

“Melalui pelatihan ini kita berharap bisa terwujudnya keadilan dan kesetaraan dalam akses, proses, control dan penerimaan manfaat pembangunan” cetusnya.

Sementara, Kepala DP3A Aceh Ibu Nevi Ariani, SE saat memberi kata sambutan sekaligus pembukaan acara mengatakan, Gubernur Aceh telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan PPRG pada Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA). Sehingga Peraturan tersebut mengamanatkan selain membentuk 4 driver juga untuk membentuk kelompok kerja PUG (POKJA PUG) disetiap pemerintah daerah dan focal point di tingkat Instansi/lembaga.

“Keadilan gender di segala bidang masih sulit untuk diwujudkan, meskipun telah dikeluarga Pergub Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan PPRG pada Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA). Akan tetapi kita berharap dengan adanya kelompok kerja PUG dan PPRG Bisa Di Kembangkan dan Diterapkan di Provinsi Aceh” harapnya.

Diakhir kata sambutannya, Ibu Nevi Ariani, SE secara resmi membuka acara Pelatihan PUG dan dan PPRG dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahhiim.