EMPAT (4) HAK DASAR ANAK INDONESIA : Hak Hidup Lebih Layak - Hak Tumbuh dan Berkembang - Hak Perlindungan - Hak Berpartisipasi

DPPPA Aceh Adakan Pelatihan Pendidikan Kesetaraan Gender Untuk Keluarga Di Kota Langsa

Kategori : Bidang PPA Senin, 11 September 2017 - Oleh admin

Langsa – Hadirnya isu gender dalam pembangunan disebabkan adanya diskiminasi antara laki-laki dan perempuan. Sehingga dibutuhkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak-haknya sebagai manusia. Menyikapi masalah kesetaraan gender, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Aceh yang bekerjasama dengan Dinas Kependudukan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (DKKBPP) Kota Langsa mengadakan pelatihan pelatihan pendidikan kesetaraan gender untuk keluarga, Senin (22/05/17).

Ketua Panitia mengatakanPelatihan Pendidikan Kesetaraan Gender untuk Keluargayang diikuti oleh 42 (empat puluh dua) orang peserta dari perwakilanmasyarakat gampong yang ada di Kota Langsa bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep kesetaraan gender dalam keluarga untuk membangun keluarga sakinah mawadah dan warahmah.

“Acara yang berlangsung dua hari ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang kesetaraan antara istri dan suami dalam keluarga untuk membangun keluarga sakinah mawadah dan warahmah” jelasnya.

Sementara itu, Kepala DP3A Aceh Ibu Nevi Ariani, SE mangatakan, Terwujudnya kesetaran dan keadilan gender ditandai dengan tidak adanya diskriminasi antara perempuan dan laki-laki.

“Keadilan gender adalah suatu proses dan perlakuan adil terhadap perempuan dan laki-laki. Dengan keadilan gender berarti tidak ada pembakuan peran, beban ganda, subordinasi, marginalisasi dan kekerasan terhadap perempuan maupun laki-laki” terangnya.

Sebelum membuka acara dengan resmi, beliau menambahkan, acara yang berlangsung di Aula DKKBPP Kota Langsa ini mrupakan sebagai upaya Pemerintah untuk mengubah bias gender menjadi responsive gender, sehingga pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan gender menjadi agenda penting yang harus diterapkan dalam kehidupan.

“Isu pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan gender telah menjadi agenda penting Pemerintah untukdiwujudkan dalam kehidupan masyarkat sehari-hari”, tuturnya.