AKHIRI SEGALA BENTUK KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK DI ACEH (KILAU GENERASI BEBAS PORNOGRAFI - WUJUDKAN GENERASI ACEH HEBAT)

Makanan Khas Aceh

Kategori : Makanan dan Minuman Rabu, 06 Februari 2019 - Oleh asmulyadi

Indonesia terkenal dengan beragam budaya hingga makanannya, hingga tak heran jika Indonesia bisa dikatakan menjadi salah satu negara dengan surga kuliner yang beraneka ragam. Setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing, bahkan Anda tak hanya akan menemukan satu jenis makanan khas saja, bisa jadi suatu daerah memiliki beberapa jenis kuliner karena memiliki ragam adat dan budaya. mari kita kuliner di Provinsi Aceh diantaranya.

1. Kuah Pliek U

“Kuah Pliek U” ini adalah makanan yang amat sangat populer di Aceh. Dengan beragam sayuran khas Aceh sebagai isiannya, dan makanan ini melambangkan kekeluargaan dan keberagaman dalam masyarakat Aceh. Disajikan dalam setiap hari besar keagamaan seperti Maulid, Puasa juga Lebaran, dan perayaan acara tradisional, seperti pesta pernikahan, khitanan, dan perayaan acara tradisional lainnya. Tapi jangan khawatir, kalau mau mencobanya, Kuah Pliek U ini, juga di jual di setiap rumah makan yang ada di Aceh kok. Kalau berkunjung ke Aceh, kamu wajib mencobanya

2. Ayam Tangkap

Terbuat dari “ayam muda” yang di goreng kering dengan cabe hijau dan daun temuru (lebih dikenal juga dengan nama daun kari atau daun salam koja), kalau orang Aceh menyebutnya sebagai “On Temurui”. Makanan khas Aceh Besar ini mempunyai rasa tersendiri, dengan potongan ayamnya yang kecil kecil, dan tersembunyi di balik tumpukan cabe hijau dan daun temuru yang udah di goreng kering, makanya diberi nama ayam tangkap.

3. Mie Aceh.

Mie yang satu ini selalu menjadi incaran buat siapa saja yang berkunjung ke negeri “Serambi Mekah” ini. Baik di goreng atau di rebus, tergantung selera. Dan mie Aceh, juga terkenal dengan pelengkapnya, baik dengan menggunakan kepiting, daging, seafood atau semuanya ? Terserah, yang penting mie Aceh selalu meninggalkan rasa dan kenangan tersendiri buat penikmatnya.

4. Gulee Sie Kameng.

Kalau dalam bahasa Indonesia, artinya “Gulai Daging Kambing”. Sama halnya dengan Kuah Pliek U tadi, Gulee Sie Kameng ini sering dijumpai di hari besar keagamaan dan perayaan acara tradisional, walaupun sekarang juga bisa dijumpai di rumah makan yang ada di Aceh. Gulee Sie Kameng ini juga dikenal dengan Kuah Beulangong. Berbahan dasar daging kambing, dilengkapi dengan nangka muda, pisang kepok, dan bumbu yang penuh dengan rempah khas Aceh, yang membuat Gulee Sie Kameng ini khas aromanya, empuk dagingnya dan nikmat rasanya.

5. Kuah Sie Itek

Makanan yang berbahan dasar daging Itik atau Bebek ini menjadi salah satu yang sangat di idolakan masyarakat Aceh. Dengan bumbunya yang khas dan cara masak yang membuat daging itik nya tidak amis, menjadikan masakan gulai yang berasal dari daerah Bireun ini banyak dicari oleh para pecinta kuliner yang berkunjung ke Aceh.

Masih banyak lagi khas kuliner dari Provinsi Aceh, mari kita coba