AKHIRI SEGALA BENTUK KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK DI ACEH

Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM)

Kategori : Bidang PPA Rabu, 03 Oktober 2018 - Oleh admin

Banda Aceh 12 September 2018. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh melakukan kegiatan Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).  Peserta berjumlah 50 (lima puluh) orang, terdiri dari unsur: aparatur gampong, tokoh masyarakat, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), aktifis gampong, forum anak dan masyarakat.

Bahwa Perlindungan anak dan pemberdayaan masyarakat merupakan urusan wajib yang harus diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daera (termasuk Pemerintah Kabupaten/Kota). Kewajiban tersebut ditegaskan dalam Undang-Undang NOmor 23 Tahun 2014, pasal 9 dan 12. Kewajiban pemerintah dalam menyelenggarakan perlindunganank juga telah diatur melalui Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 pasal 22 yang menegaskan bahwa Negara, pemerintah dan pemerintah daerah berkwajiban dan bertanggungjawab untuk memberikan dukungan sarana, prasarana dan ketersediaan sumber daya manusia dalam penyelenggaraan perlindungan anak.

 

Dalam penyelenggaraan perlindungan anak tersebut, pemerintah dan pemerintah daerah kab/kota harus memperhatikan kewajiban dan tanggungjawab masyarakt untuk berperan dalam perlindungan anak seperti yang diatur dalam pasal 25 dan 72 undang-undang tersebut. Oleh karena itu, strategi pemerintah dalam memberdayakan masyarakat yang meningkatkan kemitraan pemerintah dan masyaraka, sangat strategis dalam perlindungan anak. Strategi tersebut diharapkan dapat mempercepat pencapaian target perlindungan anak yang ditetapkan dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2015-2019 untuk mencegah dan menurunkan prevalensi kekerasan terhadap anak.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia sejak tahun 2016 telah menggagas Gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM). PATBM untuk menguatkan partisipasi masyarakat dan kemitraan pemerintah dengan masyarakat dalam perlindungan anak. Mendukung pengembangan PATBM di Provinsi Aceh, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh melaksanakan Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat di Kota Banda Aceh sebagai upaya untuk mencapai tujuan perlindungan anak yakni mencegah dan menanggapi kekerasan terhadap anak.

Narasumber Kegiatan dari Dinas PPPA dan KB Kota Banda Aceh dengan Materi Kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh terkait PATBM, dari Dinas PPPA Aceh tentang Konsep Dasar PATBM serta Strategi Pengembangan PATBM.

Tujuan kegiatan tersebut antara lain : Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat serta Menguatkan kapasitas masyarakat untuk melakukan upaya perlindungan anak dengan mencegah dan memecahkan secara mandiri permasalahaan kekerasan terhadap anak yang terjadi dimasyarakat.