AKHIRI SEGALA BENTUK KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK DI ACEH

Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Industri Rumahan Melalui Pemberdayaan Perempuan

Kategori : Bidang KHPK Minggu, 07 Oktober 2018 - Oleh admin

Gayo Lues, 5 September 2018. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh melakukan kegiatan Sosialisasi Kebijakan Pengembangan Industri Rumahan melalui Pemberdayaan Perempuan.

Industri rumahan disingkat dengan IR adalah suatu produksi/industri  skala mikro dan umumnya memanfaatkan atau menghasilkan produk berupa barang jadi yang memberikan nilai tambah dan dikerjakan dirumah baik secara khusus maupun paruh waktu.

kegiatan ini di ikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari skpd terkait bidang ekonomi, camat lokasi terpilih, keuchik lokasi terpilih, perwakilan dari anggota dpr (perempuan atau laki-laki terkait bidang ekonomi). Adapun tema kegiatan pada hari ini “melalui sosialisasi kebijakan pengembangan industri rumahan kita tingkatkan pemberdayaan ekonomi perempuan di aceh”

Industri rumahan merupakan potensi besar yang ada ditengah masyarakat dan jika dikelola dengan baik akan dapat membuka lapangan pekerjaan yang artinya juga dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan  serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. untuk itu kebijakan dan implementasi kebijakan publik yang tepat perlu ditingkatkan agar koordinasi pembinaan industri rumahan yang ada di daerah dimana 60-70 % adalah tenaga kerja perempuan  dapat memberi manfaat kepada masyarakat.

industri rumahan merupakan salah satu program dari 3 program unggulan  kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak republik indonesia atau yang lebih dikenal dengan three ends plus yaitu: Akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak; Akhiri perdagangan orang; Akhiri kesenjangan ekonomi serta akhiri kesenjangan perempuan di parlemen dan industri  rumahan dikembangkan untuk mengakhiri kesenjangan ekonomi perempuan.

Materi pada kegiatan Sosialisasi meliputi: Kebijakan pemerintah daerah terkait pengembangan industri rumahan di aceh; Kebijakan pemerintah daerah terkait pengembangan industri rumahan di Aceh; Pengembangan kebijakan industri rumahan.

Tujuan dari pada kegitan ini memberikan pemahaman tentang bagaimana pengembangan industri rumahan dilakukan agar singkronisasi kebijakan antara pusat, provinsi dan kab/kota dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan.