AKHIRI SEGALA BENTUK KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK DI ACEH

Optimalisasi Pengelolaan Pustaka Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh

Kategori : Sekretariat Jumat, 19 Oktober 2018 - Oleh admin

Banda Aceh, Jum’at 19 Oktober 2018, untuk kelanjutan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV  Angkatan III Tahun 2018 yang berlangsung mulai Senin, 2 Juli 2018 s/d Senin 29 Oktober 2018, bertempat di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aceh, salah satu komitmen peserta Diklat adalah melakukan implementasi inovasi perubahan, terkait hal tersebut  Syahrizal, S. Sos salah seorang peserta Diklat  dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh telah melakukan implementasi kegiatan tahapan jangka pendek pada Hari Rabu Tanggal 17 Oktober 2018 sesuai judul inovasi “Optimalisasi Pengelolaan Pustaka Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh Sebagai Layanan Akses Informasi” pada gambar diatas terlihat kegiatan pembenahan sampai layanan bagi pemustakaan yang dilakukan; 

Gambar Aktifitas Kegiatan dapat dilihat dibawah ini:

 

Sekilah tentang Sejarah Membaca dan keberadaan Pustaka 

pada Tahun 1972 UNESCO telah memprioritaskan masalah pembinaan minat baca dan Pada tahun tersebut diluncurkan program yang disebut Books for All (buku untuk semua orang), yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca di masyarakat dunia.

Di Indonesia sendiri, Presiden Soeharto pada tahun 1996 mencanangkan Hari Kunjung Perpustakaan, Presiden Megawati pada tahun 2002 mencanangkan Gerakan Nasional Gemar Membaca, dan yang terakhir pada bulan Mei 2007 Wakil Presiden Yusuf Kalla memberi perhatian penuh terhadap kegemaran membaca tersebut dengan meresmikan layanan Perpustakaan Elektronik Keliling yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI.

maka keberadaan pustka di kantor sangat penting dan bermanfaat, selain itu bedasarkan sebuah artikel dari Kompas.com membahas tentang 10 Manfaat dengan adanya pustaka, antara lain:

1. Stimulasi mental

Studi menunjukkan bahwa membaca setiap hari dapat mencegah Alzheimer dan Demensia, karena dengan membaca, otak terjaga tetap aktif dan membuatnya tidak mudah kehilangan ingatan. Sama seperti otot lain di dalam tubuh, otak membutuhkan latihan agar tetap kuat dan sehat.

2. Mengurangi stres

Anda mungkin menghadapi stres di tempat kerja ataupun dalam hubungan pribadi. Belum ditambah masalah lain yang tak terhitung jumlahnya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Pengetahuan

Semua yang Anda baca akan mengisi kepala Anda dengan informasi baru, dan suatu saat hal-hal itu akan berguna. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, semakin baik Anda menghadapi tantangan yang datang.

4. Memperbanyak kosakata

Semakin banyak Anda baca, semakin banyak kata yang Anda dapatkan. Ini membantu Anda berbicara dan mengekspresikan banyak hal dengan baik, sehingga sangat membantu dalam profesi apa pun. S

5. Memperbaiki memori

Saat membaca novel, Anda harus mengingat berbagai karakter, latar belakang, ambisi, maupun sejarah untuk memahami cerita. Memang ini terdengar sulit untuk diingat, tapi otak kita adalah benda menakjubkan yang bisa mengingat hal-hal ini dengan relatif mudah.

6. Keterampilan berpikir

analitis Pernahkah Anda membaca novel misteri yang penuh teka-teki, dan memecahkan misteri itu sebelum menyelesaikan bukunya? Jika demikian, Anda termasuk orang yang dapat menerapkan pemikiran kritis dan analitis untuk mencatat semua rincian dan mengungkap kesimpulan dari teka-teki itu.

7. Meningkatkan konsentrasi

Dalam rentang 5 menit, rata-rata orang akan membagi waktunya antara mengerjakan tugas, memeriksa email, mengobrol dengan beberapa orang via chat, skype, mengawasi twitter, memantau ponsel mereka, dan berinteraksi dengan rekan kerja. Perilaku seperti itu menyebabkan tingkat stres meningkat, dan menurunkan produktivitas kita.

8. Keterampilan menulis

Membaca karya yang diterbitkan dan ditulis dengan baik memiliki dampak yang nyata pada tulisan seseorang. Pasalnya mengamati irama, aliran, dan gaya penulisan orang lain akan selalu mempengaruhi karya Anda sendiri. 

9. Ketenangan

Selain relaksasi yang menyertai seseorang saat membaca buku yang bagus, ada kemungkinan subjek yang Anda baca dapat menghasilkan kedamaian dan ketenangan batin yang luar biasa.

10. Hiburan gratis

Sebagai alternatif hiburan, Anda dapat mengunjungi perpustakaan setempat dan berselancar dalam deretan buku-buku yang tak terhitung jumlahnya yang tersedia di sana secara gratis.

Maka dari itu sebagai inovasi yang dilakukan oleh Syahrizal, S. Sos  di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh maka melakukan Optimalisasi Pengelolaan Pustaka Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh Sebagai Layanan Akses Informasi yang tepat;(yahbang)

 

 

Sumber Artikel: Kompas