AKHIRI SEGALA BENTUK KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK DI ACEH

10 Suara Anak Aceh Hasil Duek Pakat Aneuk Aceh 2019

Kategori : Pengarusutamaan Hak Anak Minggu, 21 April 2019 - Oleh asmulyadi

Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh, Kesepuluh poin tersebut, yaitu: menuntut Pemerintah Aceh untuk mengeluarkan peraturan gubernur terkait percepatan pembentukan forum anak di tingkat desa serta mengoptimalkan anggaran operasional forum anak; meminta pemerintah untuk menyediakan ruang bermain ramah anak; meningkatkan sosialisasi, edukasi, dan realisasi sehingga terwujudnya restorasi rokok.

Berikutnya: Forum Anak bersama pemerintah bekerja sama dalam gerakan 5R untuk mewujudkan Aceh Green; menolak segala bentuk perundungan di sekolah, lingkungan masyarakat, dan media sosial dalam rangka mewujudkan Aceh damai; mendukung dan mendorong optimalisasi ibadah anak Aceh sebagai suatu kewajiban dari masing-masing agama menuju Aceh yang meuadab atau beradab.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Aceh, Nevi Ariyani, dalam kesempatan itu mengapresiasi anak-anak tersebut yang telah merumuskan dan membacakan suara mereka sebagai representasi suara anak-anak Aceh maupun anak-anak Indonesia pada umumnya.

Pada kesempatan itu turut dinobatkan dua Tunas Muda Pemimpin Aceh 2019, yaitu Oca dari Forum Anak Banda Aceh dan Syarifah Afra Novianti dari Forum Anak Aceh Barat. Sebagai duta FATAR, keduanya mendapat tugas untuk terus mengampanyekan isu perlindungan dan pemenuhan hak anak di lingkungan masing-masing.

Red. (Bidang PHA)