AKHIRI SEGALA BENTUK KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK DI ACEH

Pelatihan Fasilitator Untuk Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus

Kategori : Bidang PPA Selasa, 21 Mei 2019 - Oleh asmulyadi

Grand Arabia Hotel Banda Aceh, 21 Mei 2019. Anak merupakan amanat dari Tuhan yang Maha Esa, yang dalam dirinya melekat harkat dan martabat sebagai manusia seutuhanya. Setiap anak termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK) berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi serta berpartisipasi secara optimal.

Keterbatasan yang dimiliki seorang anak dalam proses tumbuh kembangnya membutuhkan perlindungan khusus, terutama dalam upaya memberikan aksebilitas, untuk menjamin dan melindungi anak atas hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Semua orang tua menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik, tak terkecuali orang tua yang memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Orang tua Anak Berkebutuhan Khusus seringkali merasa khawatir akan tumbuh kembang anak-anak mereka karena memiliki beberapa hambatan atau memerlurkan kebutuhan khusus dibanding anak-anak pada umumnya. Hambatan-hambatan tersebut membutuhkan pengetahuan yang baik supaya mampu menciptakan kondisi yang inklusi atau strategi khusus untuk mengatasinya permasalahan yang dihadapi oleh anak-anak, agar mereka bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Peningkatan Kapasitas orang tua, keluarga dan masyarakat untuk kemandirian anak berkebutuhan khusus sangat dibutuhkan, dan salah satunya adalah dengan melakukan Pelatihan.

Red. (Bidang PPA)