Peringatan Hari Anak Nasional 2019 dilaksanakan Hari/Tanggal Selasa, 23 Juli 2019 Tempat Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan

PENGUATAN GUGUS TUGAS ANTI TRAFFICKING TAHUN 2019

Kategori : Bidang PPA Kamis, 18 Juli 2019 - Oleh asmulyadi

Gayo Lues, Kamis 18 Juli 2019. Fenomena human trafficking (Perdagangan Orang) merupakan salah satu masalah kontemporer yang tengah mendapat perhatian serius. Karekrerisktiknya bersifat represif dengan tujuan eksploitasi manusia (individu atau kelompok), Luasnya pengaruh dan dampak ancaman yang ditimbulkan membuat isu human trafficking diklasifikasikan sebagai bentuk kejahatan yang luar biasa.

Kegiatan ini bertujuan untuk memantau, membahas masalah dan hambatan dan mensinergiskan pelaksanaan pencegahan dan penanganan tindak pidana perdagangan orang di Dearah. Kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Gayo Lues pada hari Kamis tanggal 18 Juli 2019 dan yang membuka kegiatan adalah Bapak Bupati Gayo Lues (H. Muhammad Amru).

Dan hasil yang di capai pada kegiatan ini adalah : (1) Tersedianya pernyataan bersama/penegasan komitmen dan penyamaan pemahaman dan gerak Sub Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan (PP) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Kabupaten/Kota dalam pencegahandan penanganan TPPO. (2). Meningkatnya kapasitas Provinsi dan Daerah serta para pihak terkait dalam penyelenggaraan pencegahan dan penanganan tindak pidana perdagangan orang. (3) Tersedianya informasi tentang trend data kasus TPPO, masalah/penyebab, dan upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh kabupaten/kota. (4) Tersedianya masukan strategi untuk penajamam arah kebijakan dan sinergitas program dan kegiatan PP-TPPO. (5) Adanya Rekomendasi terkait pencegahan dan penanganan TPPO di kab/kota.

Dengan Nara Sumber (1) Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh yang di wakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak. Tema “Penguatan Gugus Tugas dalam Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang Provinsi Aceh” (2) Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gayo Lues. Tema “Implementasi Kebijakan Dearah Terkait Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang Kabupaten Gayo Lues”. dan (3) Kepala Resort Kepolisian Kabupaten Gayo Lues. Tema “ Kinerja Kepolisian dalam Penerapan Undang-Undang 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang kabupaten Gayo Lues”.

Red. (Bidang PPA)