Peringatan Hari Anak Nasional 2019 dilaksanakan Hari/Tanggal Selasa, 23 Juli 2019 Tempat Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan

Workshop Penyusunan Model dan Mekanisme Pengawasan Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Aceh

Kategori : Bidang PPA Senin, 29 Juli 2019 - Oleh asmulyadi

Pengawasan adalah proses yang sistematik dalam menetapkan standar kerja atau ukuran kinerja dan pengambilan tindakan yang dapat mendukung pencapaian hasil yang diharapkan sesuai dengan standar kinerja yang telah ditetapkan. Pengawasan berfungsi untuk menetapkan apakah telah terjadi suatu penyimpangan dalam sebuah pekerjaan, serta untuk mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan untuk menjamin bahwa semua sumber daya instansi/lembaga atau pemerintahan telah digunakan seefektif dan seefisien mungkin guna mencapai tujuan.

Konsep pengawasan sebenarnya menunjukkan pengawasan merupakan bagian dari fungsi manajemen, di mana pengawasan dianggap sebagai bentuk pemeriksaan atau pengontrolan dari pihak yang lebih atas kepada pihak di bawahnya.” Dalam ilmu manajemen, pengawasan ditempatkan sebagai tahapan terakhir dari fungsi manajemen.

Salah satu mandat terpenting dari Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Aceh (KPPAA) adalah “melakukan pengawasan pelaksanaan pemenuhan dan perlindungan anak di Aceh”. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, KPPAA mengadakan workshop dengan tema “Penyusunan model dan mekanisme pengawasan KPPAA” sebagai sebuah upaya menjaring berbagai masukan dari lintas sektor secara partisipatif guna menghasilkan instrumen pengawasan dalam bentuk draft awal.

Pelaksanaan Workshop Penyusunan Model dan Mekanisme Pengawasan Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Aceh dengan Nara Sumber dari : 1. Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia, 2. Komisi Pengawasan dan Perlidungan Anak Aceh, dan 3. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlinndungan Anak Aceh.

Pelaksanaan Workshop Penyusunan Model dan Mekanisme Pengawasan Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Aceh, peserta di ikut sertakan dalam membahas dengan cara diskusi kelompok.

Peserta Workshop Penyusunan Model dan Mekanisme Pengawasan Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Aceh di hadiri sebanyak 40 orang peserta yang mewakili instansi/lembaga terkait, terdiri dari :
1. KPAI Jakarta
2. KPPAD Bali
3. KPAD Labuhan Batu Utara
4. KPPAA
5. Dinas PP dan PA Aceh
6. Dinas Sosial Aceh
7. Dinas Dayah Aceh

Dan beberapa Instansi SKPA di Aceh.

Red. (Bidang KPPPA)