Peringatan Hari Anak Nasional 2019 dilaksanakan Hari/Tanggal Selasa, 23 Juli 2019 Tempat Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan

Pelatihan Aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) 2019

Kategori : Bidang PPA Kamis, 01 Agustus 2019 - Oleh asmulyadi

Aceh Tamiang, 31 Juli sd 1 Agutus 2019, Perlindungan anak dan pemberdayaan masyarakat merupakan urusan wajib yang harus diselenggarakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah [termasuk pemerintah kanbupaten/kota]. Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) merupakan program pemberdayaan yang digagas oleh Pemerintah Pusat (Kementerian PPPA) untuk menguatkan gerakan partisipasi masyarakat dan kemitraan pemerintah dengan masyarakat dalam perlindungan anak.

Harapan replikasi dari kegiatan pelatihan Aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) 2019 sangat startegis untuk mencegah dan menurunkan kejadian kekerasan terhadap anak yang saat ini masih sering dilaporkan. Maksud dari pelatihan ini adalah agar dapat menguatkan kapasitas masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan, mampu memecahakan permasalahan kekerasan pada anak yang terjadi di masyarakat dan melakukan upaya perlindungan anak.

Hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah : 1. Memiliki Pengetahuan yang benar tentang Konsep, Program dan Kegiatan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat; 2. Alumni Pelatihan dapat menjadi sebagai Aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat. 3. Adanya Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk menetapkan Program dan Kegiatan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat.

Nara Sumber dari kegiatan Pelatihan Aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) ini adalah :

1. Dra. Sri Hardina (Dinas Pemnberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh), dan 

2. Taufik Riswan, MPH (Direktur KAPHA Aceh).

Peserta dari Pelatihan Aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) ini adalah : (1). LSM Permerhati Anak (Calon Fasilitator Komunitas) Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat. (2). Bidang PP dan PA Kabupaten (Calon Fasilitator Komunitas) Perlindungan Anak Terpadu Berbasis, dan (3). Perwakilan 4 Desa pada 4 Kecamatan terpilih yang terdiri dari (Aparatur Desa, Tokoh Perempuan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda/Pemudi, Kader Desa/Posyandu, Cerdik Pandai/Guru. dll) dengan mempertimbangan keterwakilan Perempuan dan Laki-laki.

Red. (Bidang PPA)