Sudah Banyak Korbannya, Maka Hentikan Sekarang Juga Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Advokasi Pengembangan Industri Rumahan di Kabupaten Aceh Singkil

Kategori : Bidang KHPK Rabu, 28 Agustus 2019 - Oleh asmulyadi

Aceh Singkil, 28 Agustus 2019. Kebijakan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan (PPEP) merupakan salah satu prioritas Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka meningkatkan kualitas hidup perempuan dibidang ekonomi untuk mendukung penguatan ekonomi keluarga yang bermuara pada peningkatan ketahanan keluarga. Dimana faktor ekonomi merupakan salah satu faktor yang paling dominan yang dapat mempengaruhi tingkat ketahanan keluarga.

Oleh karenanya potensi kuantitatif sumber daya perempuan apabila dikelola dengan baik akan dapat memberikan kontribusi yang positif untuk penguatan ekonomi nasional. Namun Potensi ini sayangnya belum diimbangi dengan potensi kualitatif secara seimbang. Dengan kata lain, walaupun saat ini cukup banyak perempuan Indonesia yang menunjukkan bahwa dirinya mampu bersaing sekaligus memberikan kontribusi yang tidak kalah besarnya dalam berbagai bidang pembangunan, mulai dari ilmu pengetahuan, teknologi, politik, ekonomi, sosial, dan bahkan pertahanan dan keamanan, namun masih lebih banyak lagi perempuan Indonesia yang belum mampu menunjukkan potensi dan jati dirinya secara optimal, karena masih terkungkung oleh keterbatasan/kemiskinan secara struktural, kultural, dan alamiah.

Dalam rangka mendukung program nasional dengan mengacu pada visi dan misi Gubernur Aceh Periode 2017 – 2022 untuk mewujudkan Aceh Hebat melalui program unggulan, yang salah satunya adalah Aceh Kreatif yaitu mendorong tumbuhnya industri berbasis potensi sumberdaya alam lokal, memproteksi produk yang dihasilkan serta merintis pasar bagi produk lokal kepasar regional dan internasional, maka Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh melakukan serangkaian kegiatan Advokasi Pengembangan Industri Rumahan di Kabupaten Aceh Singkil untuk pengembangan industri rumahan sebagai salah satu upaya untuk penguatan ekonomi keluarga serta mendukung suksesnya program pengentasan kemiskinan secara menyeluruh, terpadu dan terintegrasi.

Pelaksanaan Advokasi Pengembangan Industri Rumahan di Kabupaten Aceh Singkil di pimpin oleh Sekda Aceh Singkil (Drs. Azmi,) dampingi Asisten III Setdakab Aceh Singkil (Hj Yusfa Hanum, SE,MM), Bappeda Aceh dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh. Dan Peserta terdiri dari SKPK Lintas Sektor Terkait utk Pengembangan Indutri Rumahan. (Red. Bidang KHPK)