Sudah Banyak Korbannya, Maka Hentikan Sekarang Juga Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Evaluasi Terpadu Anugerah Parahita Ekapraya (APE)

Kategori : Sekretariat Kamis, 29 Agustus 2019 - Oleh asmulyadi

Sabang, 27-28 Agustus 2019. Dalam rangka mendorong terwujudnya pembangunan yang responsif gender secara sistematis dan berkelanjutan, perlu dilaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kabupaten/Kota untuk mengetahui keberhasilan kinerja suatu program atau kegiatan serta permasalahan-permasalahan yang di hadapi terkait pelaksanaan pengarusutamaan gender.

Pemantauan Evaluasi APE di Seluruh Kabupaten/Kota yang diprakarsai oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Aceh ini dimaksudkan untuk melihat perkembangan pemantauan dan evaluasi melalui aplikasi Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dalam kurun waktu empat tahun di Aceh. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji : (1) perkembangan jalannya APE sehingga diketahui dinamikanya sejak diluncurkan tahun 2004 hingga saat ini; (2) perkembangan pengisian aplikasi APE dengan membandingkan capaian tahun 2016 dengan tahun 2018. Proses ini dengan tetap melihat apa saja hambatan dan tantangan yang dihadapi khususnya oleh Dinas PP dan PA di Aceh; (3) tingkat dukungan kebijakan, strategi yang dikembangkan, alokasi anggaran yang tersedia, peran tim Penggerak PPRG, serta bagaimana Rencana Aksi untuk pencapaian APE pada tahun 2020 mendatang.

Pemantauan di Kota Sabang dilaksanakan di Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. dan di Kantor Bappeda.

Red. (Tim Evaluasi APE Kota Sabang)