Sudah Banyak Korbannya, Maka Hentikan Sekarang Juga Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Kegiatan pelatihan konvensi hak anak untuk stake holder pendidikan

Kategori : Bidang PHA Selasa, 10 September 2019 - Oleh khairil

Banda Aceh - 10 September 2019 : Kegiatan pelatihan konvensi hak anak untuk stake holder pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan gampong di hotel grand arabia hotel tanggal 10 s/d 11 september 2019 dengan narsum Dr. Media Yulizar, MPH Kadis Dp3a P2 KB Kota Bna, Kabid PHA Amrina Habibie, SH, Taufik Riswan Lsm KAPHA Aceh, Siti Maysarah Lsm Puan Annisa Kota Banda Aceh diharapkan melalui kegiatan pelatihan ini adanya sinergisitas program untuk stake holder terkait dalam menuju kabupaten /kota layak anak.

Kabupaten/Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Agar Program Kota Layak Anak dapat tercapai, Kab/Kota paling tidak harus dapat memenuhi hak dasar anak sebagai warga negara, yaitu adanya kemudahan dalam pembuatan akta lahir. Hal yang kedua adalah adanya fasilitas informasi serta ruang publik yang memudahkan bagi anak untuk beraktivitas, tumbuh dan berkembang. Ruang publik tersebut haruslah mudah diakses untuk anak serta disediakan gratis oleh pemerintah. Fasilitas publik tersebut dapat berupa sekolah, perpustakaan, tempat bermain dan lain sebagainya. Kesemua fasilitas yang disyaratkan pada kriteria Kota Layak Anak juga haruslah memenuhi keamanan dan kenyamanan seorang anak serta bebas dari unsur kekerasan, diskriminasi dan rasialisme, kevulgaran dan pencabulan serta ekspos berlebihan terhadap data diri anak. Contoh konkretnya, bebasnya jalanan dari pelbagai iklan rokok yang dapat menyesatkan persepsi anak.

Red_DIGA