Sudah Banyak Korbannya, Maka Hentikan Sekarang Juga Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Penguatan Pola Asuh Anak Islami Berbasis Majlis Taklim

Kategori : Bidang PPA Minggu, 29 September 2019 - Oleh khairil

Banda Aceh - 28 September 2019 : Anak adalah anugerah dan amanah Allah SWT yang secara sistematis merupakan generasi penerus masa depan Bangsa dan Negara, maka sejak dalam masa kandungan anak membutuhkan perlindungan dari orang-orang sekitarnya antara lain orang tua, keluarga, masyarakat dan Pemerintah. Perlindungan yang melekat pada anak adalah hak untuk memperoleh kehidupan yang layak, kesempatan untuk tumbuh dan berkembang, baik fisik, mental dan spiritual nya, sehingga anak bisa menjadi manusia yang mandiri, bertanggung jawab dan berakhlak mulia. Nilai-nilai kebaikan dalam pendidikan keluarga, diharapkan menjadi bagian tak terpisahkan dari pertumbuhan anak, namun kenyataannya tidak semua anak tumbuh sehat, cerdas, berakhlak mulia menjadi anak dambaan orang tua. Karena pengaruh lingkungan yang sangat kuat, anak tumbuh diluar kontrol orang tua, jauh dari yang diharapkan bahkan sebagian menjadi momok bagi keluarga dan lingkungannya, melawan orang tua, malas sekolah, terlibat penyalahgunaan narkoba, pornografi bahkan kriminal.

Kesalahan tidak bisa ditumpukan pada anak semata, ada peran orang tua, sekolah, masyarakat dan sangat mungkin sebab utamanya adalah lingkungan global dan media yang tidak lagi ramah, yang menggilas tidak Cuma anak-anak kita, tapi juga kita sendiri sebagai orang tua. Orang tua seharusnya merasa bersalah karena ketidak mampuannya mendidik dan mengontrol anak dalam proporsi yang tepat, kesibukan dengan kerja, niat semula dimaksudkan kewajiban luhur memenuhi kebutuhan materil keluarga/menggeser nilai kebersamaan dengan keluarga menjadi nomor sekian. Itulah awal bencana, ketika anak kemudian beralih dan menghabiskan waktu bersama “pengasuh alternatif berupa berbagai fasilitas kehidupan modern, televisi, play station, telepon seluler, internet dan akhirnya narkoba.

Cara yang digunakan dalam usaha membantu anak untuk tumbuh dan berkembang dengan merawat, membimbing dan mendidik agar mencapai kemandirian juga Memperkuat kaum ibu dalam pendidikan yang berbasis majlis taklim dalam mewujudkan dan menjaga , merawat, mendidik serta membimbing anak yang merupakan suatu kewajiban dari setiap orang tua dalam usaha membentuk karakter/pribadi anak yang Islami. red_DIGA