Sudah Banyak Korbannya, Maka Hentikan Sekarang Juga Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

RATEK APE - Pemantauan Dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan PPPA

Kategori : Bidang DIGA Jumat, 11 Oktober 2019 - Oleh khairil

Banda Aceh 9 - 10 Oktober 2019 : Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melaksanakan kegiatan Pemantauan dan Evaluasi pelaksanaan pembangunan PPPA  untuk dapat membentuk komitmen dan kebijakan dalam pelaksanaan PUG di daerah. Peserta Ratek APE berjumlah 58 orang terdiri dari 12 orang dari SKPA dan 46 orang dari kab/kota masing-masing 2 orang. 1 orang mewakili Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan 1 orang mewakili Bappeda kab/kota. Hasil evaluasi APE tahun 2016 di provinsi Aceh, provinsi dan kab/kota yang telah melakukan peng imputan sesuai dengan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI no. 9 tahun 2015 ada 12 daerah, yang meliputi provinsi dan 11 kab/kota. Rapat tehnis APE tahun 2019 akan mengevaluasi hasil pengimputan APE tahun 2018 yang dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI no. 7 tahun 2018 tentang Indikator Pemantauan Dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak . Ada 18 daerah yang sudah melakukan pengimputan yang meliputi provinsi Aceh dan 17 kab/kota se Aceh. 

Penghargaan ini merupakan wujud nyata kalau kaum perempuan semakin besar kiprahnya saat ini. Kaum perempuan tidak saja menjalankan fungsinya sebagai ibu di rumah melainkan diberbagai bidang, baik dibidang legislative, eksekutif , yudikatif maupun dunia usaha dan bahkan menorehkan prestasi yang tidak kalah membanggakan baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional.

Anugerah Parahita Ekapraya [APE] adalah penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga, pemerintah daerah propinsi dan pemerintah daerah kab/kota yang dinilai telah berkomitmen dan mengimplementasikan strategi yang terkait dengan pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan di berbagai sector pembangunan. Untuk mengevaluasi keberhasilan kinerja suatu program atau kegiatan serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi terkait pelaksanaan pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak baik di Provinsi maupun di Kab/Kota. Red_DIGA