Sudah Banyak Korbannya, Maka Hentikan Sekarang Juga Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

4 Desa di Kabupaten Gayo Lues Melaksanakan Kegiatan Launching Desa Ramah Anak

Kategori : Bidang PHA Minggu, 24 November 2019 - Oleh khairil

Gayo Lues - 23 November 2019 : Sebagai wujud dimulainya gerakan ramah anak melalui gampong maka akan diadakan launching gampong ramah anak dari pemerintah. Dari kegiatan ini diharapkan semakin banyak gerakan-gerakan ramah anak di gampong-gampong lain, sehingga dikemudian hari semua kampung di Kabupaten Gayo Lues ramah anak, sehingga kesejahteraan dan perlindungan anak semakin meningkat. Adanya gampung ramah anak karena komitmen yang dibangun atas kesadaran semua elemen, dari keluarga, masyarakat, tokoh masyarakat, stake holder dan lainnya. Semua memiliki andil untuk melindungi dan mendampingi anak. Dari kampung ramah anak ini dapat diminimalisasi kasus kekerasan maupun persoalan lain yang terkait anak. Ini adalah sebuah kerja besar merubah paradigma masyarakat dan semua komponen yang ada tentang kebiasaan, adat dan budaya yang telah mengakar kuat.

Anak sebagai generasi penerus dan pengelola masa depan bangsa perlu dipersiapkan sejak dini melalui pemenuhan hak-haknya yakni hak untuk hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Orang dewasa sebagai pemenuh hak anak berkewajiban menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman agar anak dapat tumbuh dan berkembang optimal, salah satunya adalah lingkungan masyarakat dalam arti luas (masyarakat dimanapun) maupun masyarakat dalam arti sempit (masyarakat khusus pada suatu wilayah/ kampung). Masyarakat sebagai lingkungan yang dekat dengan anak berperan sangat penting dalam pemenuhan dan perlindungan hak anak.

Sebagai sarana untuk mempublikasikan bahwa desa peduli dan mennyikapi hal-hal yang berkaitan dengan anak serta meningkatakan peran, koordinasi dan kerjasama organisasi perangkat daerah gampong, masyarakat gampong, forum anak, media usaha dalam pemenuhan dan perlindungan anak.Red_DIGA