Sudah Banyak Korbannya, Maka Hentikan Sekarang Juga Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Perlindungan Anak Di Era Digital - Training Of Trainers (Tot)

Kategori : Bidang PPA Selasa, 14 Januari 2020 - Oleh khairil

Banda Aceh - 14 Januari 2020 : Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh bekerja sama dengan Perkumpulan Mitra TIK Indonesia (ICT Watch), bermaksud meningkatkan kapasitas para pegiat perlindungan anak di Aceh seperti dari Forum Anak, Aktivis PATBM, Pengurus OSIS dan sebagainya, melalui sebuah Training of Trainers (ToT). Diharapkan setelah kegiatan ini, para peserta dapat melanjutkan edukasi ke orang tua di lingkungannya untuk dapat memahami lebih jauh terkait digital parenting. Perlu upaya bersama dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat khususnya orang tua, terkait literasi digital dan digital parenting. Kegiatan ini diikuti oleh lebih kurang sekitar 40 (empat Puluh) orang peserta yang berasal dari Forum Anak Provinsi, Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Aktifis PATBM, dan Pengurus Osis sekitar Kota Banda Aceh, kalangan anak muda pegiat TIK di Provinsi Aceh.

Tantangan orang tua di era digital memang beragam: anak semakin mudah mendapatkan akses internet, kadang anak juga tidak memiliki batasan dalam akses internet karena tidak adanya aturan yang diterapkan, maraknya informasi yang berseliweran di internet yang menuntut anak dapat berpikir kritis, anak yang lebih "pintar" terkait urusan digital, dan sebagainya. Akan tetapi tantangan-tantangan ini tentunya seharusunya bukanlah menjadikan orang tua mengambil jarak dengan teknologi, akan tetapi justru harus dijawab dengan peningkatan kualitas hubungan orang tua-anak, serta proses belajar bersama orang tua dan anak apapun yang terkait dengan dunia digital.

Peningkatan kapasitas orang tua dalam bidang pengasuhan di bidang digital ini memang menjadi sebuah keharusan. Orang tua harus mampu menjawab berbagai problematika ketika menghadapi anak di era informasi ini. Komunikasi antara orang tua dan anak perlu terus untuk ditingkatkan untuk menjalin hubungan yang lebih kuat, sembari orang tua perlu juga untuk mempelajari berbagai hal  yang terkait dengan tools dan fitur di gawai yang dapat digunakan untuk mengawasi aktivitas anak di internet.

Digital Parenting bukanlah sekedar pola pengasuhan biasa, akan tetapi sebuah pola pengasuhan yang melibatkan teknologi digital di dalamnya. Orang tua harus dapat mengkombinasikan pola pengasuhan konvensional dengan digital parenting ini sehingga peran orang tua dapat dirasakan oleh anak tidak hanya di dunia nyata, tetapi juga di mayantara atau dunia siber. Red_DIGA