Sudah Banyak Korbannya, Maka Hentikan Sekarang Juga Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Uraian Tugas PPID-DPPPA Tahun 2019

Senin, 22 Juli 2019 - Oleh asmulyadi

TUGAS PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (PPPA) ACEH TAHUN 2019

 

I. Atasan PPID Dinas PPPA Aceh mempunyai tugas sebagai pengarah terhadap pelaksanaan/operasional kegiatan penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan pelayanan informasi publik yang dijalankan oleh PPID beserta jajaran pengurus dan anggota-anggotanya di lingkungan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh.


II. Pelaksana PPID Dinas PPPA Aceh mempunyai tugas:
1.  Mengklasifikasikan informasi yang terdiri dari : 
     - Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala.
     - Informasi yang wajib diumumkan secara sertamerta informasi yang wajib tersedia setiap saat
     - Informasi yang dikecualikan.


2. Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi yang ada di lingkungannya.


3. Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi yang ada di lingkungannya kepada publik.


4. Melakukan verifikasi bahan informasi publik yang ada di lingkungannya.


5. Menyediakan informasi dan dokumentasi yang ada di lingkungannya untuk diakses masyarakat.


6. Melakukan inventarisasi informasi yang dikecualikan untuk disampaikan kepada PPID Utama.


7. Memberikan laporan tentang penngelolaan informasi yang ada di lingkungannya kepada PPID Utama secara berkala.


III. Bidang Pelayanan Informasi Dinas PPPA Aceh mempunyai tugas membantu PPID dalam menyediakan informasi dan dokumentasi yang ada dilingkungan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh untuk diakses masyarakat yaitu dengan memberikan pelayanan sesuai jadwal atas setiap permintaan/permohonan informasi publik oleh masyarakat baik secara langsung (melalui meja/desk layanan informasi publik) maupun secara tidak langsung (melalui surat, telepon, fax, atau media online). 

IV. Bidang Pengelola Informasi Dinas PPPA Aceh mempunyai tugas membantu PPID dalam mengklasifikasikan informasi, melakukan verifikasi bahan informasi publik yang ada di lingkungan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh, membuat Daftar Informasi Publik dan menyusun Pedoman Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh.

V. Bidang Dokumentasi dan Arsip Dinas PPPA Aceh mempunyai tugas membantu PPID dalam mengkoordinasikan dan
mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi yang ada di lingkungan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh.


VI. Bidang Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Dinas PPPA Aceh mempunyai tugas membantu PPID dalam mengelola keberatan yang disampaikan pemohon informasi publik atas layanan informasi publik di lingkungan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh.